Pages

 

Insomnia? Atasi dengan Tidur di Luar Ruangan

0 komentar


Sering mengalami kesulitan tidur? Salah satu penyebabnya bisa jadi karena Anda terlalu banyak terpapar cahaya lampu listrik. Dalam jurnal Current Biology, para ilmuwan dari University of Colorado di Boulder mengatakan bahwa kehidupan modern yang dekat dengan teknologi memungkinkan orang menjadi kurang istirahat. Ini terjadi sejak kesediaan listrik pada 1930-an.

Solusi untuk mengatur ulang jam biologis adalah: berkemah. Para ilmuwan melakukan penelitiannya pada delapan orang relawan mengenai ritme biologis dari mulai Matahari terbit hingga tenggelam. 

Dari hormon melatonin, yakni hormon yang mengatur ritme biologis, para peneliti menemukan bahwa eksposur cahaya buatan menyebabkan penundaan tidur sekitar dua jam setiap harinya. 

Para ilmuwan kemudian meminta relawan untuk berkemah selama satu pekan. Peserta dilarang membawa peralatan elektronik sumber cahaya. Mereka hanya mengandalkan api unggun untuk penerangan di malam hari. 

"Mereka semua kembali pada jam biologis normal. Awalnya bergeser sedikit demi sedikit. Dari mulai tidur tengah malam, hingga tidur dalam jam normal," kata Prof Kenneth Wright dari University of Colorado di Boulder seperti dikutip BBC.

Lebih lanjut, Wright mengatakan bahwa penerangan modern dan pola hidup yang menghindari paparan Matahari berkontribusi pada gangguan sulit tidur, yang mengakibatkan berkurangnya konsentrasi di pagi hari.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
VIVAblog © 2013 VIVAblog. Supported by Pasartiket