Pages

 

Tips Sehat Menjaga Tubuh Saat Begadang Semalaman

2 komentar
begadang, tips sehat begadang

Malam adalah waktu dimana seorang manusia normal untuk tidur setelah melakukan rutinitas pada siang hari. Tapi terkadang ada saat dimana kita terpaksa tidak tidur, Seperti : ingin menonton pertandingan sepak bola yang biasanya disaat dini hari, tugas numpuk yang harus dikumpulkan esok paginya, ada ujian dan terpaksa menghafal pelajaran harus pakai metode SKS (Sistem Kebut Semalam) atau bahasa kerennya NRS (Night Racing Style), tiap malam pergi clubbing ke pub, atau seperti CCJ yang terpaksa OL tengah malam karena paket internet midnight lebih murah dan greget, de el el.

Tapi, yang namanya begadang itu kurang baik untuk kesehatan, bisa bikin tubuh jadi loyo dan kurang bergairah siangnya. Nah, untuk itu CCJ bakal sharing sedikit tips begadang sehat yang mungkin bermanfaat untuk aktivitas begadang kamu-kamu pembaca setia CCJ.
Berikut Tipsnya

BeKiCot..!
 

Konsumsi Vitamin

Membiasakan diri menkonsumsi vitamin, untuk tetap menjaga daya tahan tubuh. Karena saat begadang tubuh mengalami kekurangan daya tahan tubuh, vitamin inilah yang berfungsi mengganti daya tahan tubuh yang hilang. Vitamin dapat mencegah kita dari penyakit yang ingin menyerang. Terutama Vitamin C, karena vitamin C akan memperkebal daya tahan tubuh sehingga terhindar dari penyakit.

Lakukan tidur siang (Jika memungkinkan)

Saat malam hari kita kurang tidur, oleh karena itu cara menggantinya adalah dengan tidur siang yang cukup. Tidur suang juga dapat berguna mengganti kelelahan kita saat malam hari yang kurang tidur. tidur siang sebagai pengganti tidur malam juga dapat berfungsi mengurangi daya ngantuk saat begadang dimalam hari.

Bisa juga sempatkan tidur sebelum begadang. Apabila kita tidur selama sedikitnya 1 jam sebelum begadang, akan membuat badan kita lebih bugar saat begadang

Jangan mengkonsumsi minuman berenergi atau suplemen terlalu banyak. 

Dini hari merupakan saat dimana tubuh melakukan detoksifikasi. Dengan meminum minuman berenergi atau suplemen hanya akan memperberat kerja ginjal kita.

Minum air putih atau juice buah buahan

Sebagai pengganti kopi saat begadang sebaiknya perbanyak minum air putih atau bisa dikombinasikan dengan juice buah. Kopi kurang baik bagi kesehatan. hindari pula meminum susu atau susu coklat saat begadang karena susu akan menyebabkan ngantuk.

Makan makanan berserat

Makanan yang sehat seperti makanan berserat yaitu sayur dan buah buahan sangat baik untuk tubuh. makan makanan berserat seperti ini akan dapat menambah tenaga untuk begadang malam harinya. Saat begadang disarankan makan bubur baik bubur nasi atau gandum (oatmeal), kacang rebus, singkong rebus atau goreng, agar2/puding. 

Olahraga

Dengan berolahraga akan dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan juga tenaga. Olahraga sangat baik untuk kesehatan. Biasakanlah berolahraga paling tidak 15 menit meluangkan diri untuk satu hari seperti berlari-lari kecil. Olahraga akan meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi resiko kita terserang penyakit akibat dari begadang

Kurangi merokok

Kurangi merokok saat begadang. Bagi orang-orang tertentu (pecandu rokok), begadang tanpa rokok akan sangat menyiksa. Namun dengan merokok, kerja jantung dan paru paru akan lebih berat. Selain itu badan juga akan jadi sangat lelah.

Jangan mandi setelah begadang

Apalagi jika setelah begadang tak ada/tak sempat lagi tidur dan langsung melakukan aktifitas sehari hari. Mandi sehabis begadang beresiko terkena paru-paru basah dan “Angin Duduk” yang bisa berakibat fatal, bahkan bisa meninggal mendadak.

Untuk penjelasan secara logis tentang sehabis begadang langsung mandi sederhananya adalah seperti ini :
Tubuh orang yang begadang itu sebenarnya melakukan banyak aktivitas yang seharusnya pada waktu itu harus segera di istirahatkan. Karena banyak aktivitas yang terjadi di dalam tubuh kita, tanpa kita sadari terjadi pemanasan dari dalam tubuh kita.
Dipagi hari lalu kita mandi maka bisa menyebabkan penurunan suhu tubuh yang sangat drastis dan spontan, sedangkan tubuh kita tidak dirancang untuk itu.
Untuk itu jika setelah begadang, cukup cuci muka atau tubuh dilap dengan air hangat. 

Minumlah madu

Ini sangat baik untuk menambah ketahanan dan kekebalan tubuh teta terjaga. 

Peregangan

Jika telah duduk lama saat menonton pertandingan sepakbola atau mengerjakan tugas, lakukan peregangan pada bagian tubuh, berdiri atau jalan2 sejenak untuk mengendurkan kelelahan tubuh dan kaki. 

JANGAN MEMAKSAKAN DIRI

Tidur sesegera mungkin jika ada sesuatu yang mulai ganjil dalam tubuh,misalnya mulai tidak enak badan, sendawa berlebihan atau mata sudah sedemikian kaburnya hingga tidak mampu membedakan hal-hal kecil sekalipun. 

Sekian Tips Dari CCJ, semoga bermanfaat. Sedikit saran ya, yang namanya begadang itu tetap gak baik, jadi jangan sering-sering begadang ya ndan.bye1 onion head
Comments
2 Comments

2 komentar:

Lanting Rusak mengatakan...

Mantap artikelnya

Btw kunjungi juga blog ane:
http://lantingrusak.blogspot.com/

InTips mengatakan...

namaun bagaimana pun juga begadang yang terlalu sering akan berakibat tidak baik untuk kesehatan. Secara fisik nampak juga seperti kurang fit, bahkan bisa lebih cepat tua.
masker untuk kulit berminyak

Posting Komentar

 
VIVAblog © 2013 VIVAblog. Supported by Pasartiket